Wednesday, June 02, 2004

Tentang Orkut

Aduh! Baru mulai asyik ikut Orkut, ternyata servernya dilanda masalah. Walaupun site ini milik Google, tapi rupanya tingkat kehandalannya masih jauuuuuuh di bawah google.com. Agar mampu menanggung hit-rate yang tinggi, server-server web Orkut diperkuat oleh Squid teknik reverse proxy. Ketika mesin reverse proxy hidup, sedangkan web server mati, maka skema itu muncul ke permukaan oleh tampilan kesalahan squid yang masih polos:

While trying to retrieve the URL: http://orkut.com/Login.aspx

The following error was encountered:

* Connection Failed

The system returned:

(111) Connection refused

The remote host or network may be down. Please try the request again.

Your cache administrator is webmaster@orkut.com


Beberapa hal menarik yang sempat saya ingat (belum sempat di-double-check, karena servernya tewas):
@ 30% member Orkut di US berasal dari California. Sisanya tersebar ke negara bagian lain dengan prosentase yang jauh di bawah.
@ cukup-signifikan-% member Orkut berasal dari US. Lalu ada Jepang, Brasil, Argentina, India, ... penyebaran membership yang agak aneh rasanya. Mungkin hal ini mengindikasikan kultur penduduk negara-negara tersebut. Perlu dibandingkan dengan statistik tentang jumlah pemakai internet di berbagai negara. Ada yang tahu?

Satu hal lagi. Apa keuntungan diskusi di komunitas 'terbatas' Orkut dibanding milis? Salah satunya adalah kita bisa agak lebih mudah mencaritahu 'tampang' lawan bicara kita, dan berbagai info personal lain. Dalam milis, hal seperti ini susah/lama diperoleh. Mestinya hal ini membuat diskusi bisa lebih lancar karena kita bisa lebih memahami lawan diskusi. Setuju?

1 comment:

aj said...

Mas, Orkut itu pengganti friendster yah? saya masuk kesana ternyata untuk mendaftar harus dapat undangan dari yang sudah masuk, sama seperti gmail :D

Untuk ikutan orkut gak harus punya account gmail kan? soalnya temen2 saya gak punya.
Thanks yah
oh yah, email saya andriansahj@yahoo.com