Thursday, June 24, 2004

Kampanye FUD dan anti FUD

FUD (Fear, Uncertainty, Doubt) seringkali ditulis dengan sangat lihai, sehingga kalau kita tidak melakukan cross check secara teliti, kita mudah tertipu. Saya pernah terpedaya juga.

Jadi untuk mengimbangi, kita perlu baca juga siapa yang mendanai mereka. Sebenarnya Groklaw yang dibuat oleh paralegal (staf ahli hukum yang bertugas melakukan riset) ini memuat juga berbagai kupasan menarik yang bisa diacu untuk menguji kesahihan FUD, tapi nuansa hukumnya terlalu kental, sehingga saya belum bisa enjoy dalam menelaahnya.

Satu situs lagi yang wajib dibaca supaya tidak mempan termakan FUD.

Tapi diam-diam FUD itu bisa lucu juga kok!. Selamat menikmati, dan jangan salahkan saya kalau Anda tidak tertawa, karena mungkin memang selera humor kita agak berbeda ...

1 comment:

Ikhlasul Amal said...

Lepas dari FUD atau bukan, pada saat SCO mengirim email "ancaman" kepada banyak perusahaan terkemuka yang menggunakan Linux, saya ikut mengernyitkan dahi juga. Bagaimana seandainya Linux tidak bisa didistribusikan bebas seperti sekarang? Padahal pekerjaan yang saya lakukan banyak berbasis Linux. Kalaupun banting stir, paling juga harus mencari "clone" UNIX lain *yang gratis*.

Keterangan *harus gratis* ini sangat penting karena modal yang saya gunakan sekarang ini benar-benar hanya keahlian dan kemauan. Kalau masih harus keluar duit lagi, bah!