Tuesday, October 02, 2007

Berebut Bandwidth


Ini bentuk grafik trafik mingguan yang 'normal'. (Bukan Speedy)


Sedangkan yang ini grafik trafik harian yang anomali. Dugaan saya, link pada penggalan lebih atas yang di-share mengalami saturasi, sehingga link yang diamati memperoleh jatah sisa yang tergambar pada grafik. Dugaan kedua, bahwa bandwidth yang dijatahkan ke pelanggan Speedy di-shape berdasar waktu. Pada jam kerja, kecepatan maksimum berkisar 128 kbps, sedangkan diluar jam kerja, kecepatan maksimum bisa mencapai 384 kbps.

Bagaimana dengan perilaku Speedy anda?

3 comments:

Muhammad Rivai said...

Sepertinya sama Pak. Kalau siang tercekik sehingga saya memilih menggunakan 3G saya, sedangkan kalau pulang lancar jaya :-D

ElangMaya said...

trus dah sesuai sama SLA-nya nggak yah ? eh emang ada SLA nya ?

Unknown said...

mirip pak.tidak hanya speedy saja yang berperilaku seperti itu. untuk produk-produk yang beratribut up to xxx kbps, trafiknya akan seperti itu. saya gunakan koneksi up to 512Kbps, tapi kalo siang* (baca: mulai jam 08-20) cuman dapat 128-256Kbps.

salah satu trik ISP untuk memberdayakan bandwidth malam* (baca:Pelanggan corporate tidak beroperasi malam hari) yang menganggur. saya lihat di mrtg centrin dan salah satu NAP, memang terlihat diantara jam 20 - 08 itu bandwidth international menganggur lebih dari 10mbps bahkan ada yang lebih dari 40mbps. bayangkan!!.

Kalo masalah SLA, kayaknya produk dengan atribut up to apakah ada ??!. he he he ...