Sunday, May 09, 2010

Tweaking Telkomsel Flash

Hari ini, koneksi ke Telkomsel Flash lancar. Tapi hanya lancar di sambungan awal saja. Ping ke sana kemari lancar, berarti routing beres, DNS beres. Tapi kok browsing bermasalah? Dicoba lagi, ping dengan ukuran paket lebih besar. 1000 byte: ok, 10.000 byte: gak bisa. Saatnya bisect! 1.500 byte: no; 1.250 byte: bisa; dst sampai ketemu angka terbesar yang masih bisa. Set MTU interface ke nilai tersebut.

$ sudo ifconfig ppp0 mtu 1408
Mestinya ini bukan cara yang benar untuk mencari setting MTU ideal. Tapi cukuplah untuk quick-and-dirty troubleshooting.

O ya, Telkomsel Flash juga masih memblokir akses ke DNS selain milik dia. Ada apa gerangan?

5 comments:

fakhrulrijal said...

mas, kalo pake ponsel yg udah dikenali oleh Network Manager, lalu untuk ppp0 bisa diganti oleh usb0 ndak? (Karena saya tidak menggunakan wvdial)

andika said...

bisa

Milisdad said...

apakah ini berpengaruh ke semua koneksi TFLASH?
krn sampe saat ini sy belum bisa konek dgn lancar :(

jarwadi said...

saya pakai ponsel sonyericsson k810i, sampai sekarang belum pernah masalah, sepanjang sinyalnya minimal 3 bar (dari 5)

andika said...

@milisdad, @jarwadi kelihatannya mesti dibandingkan, yang lancar dari mana vs yang bermasalah juga dari mana; saya pikir faktor perangkat (router?) di sisi mereka yang paling berpengaruh, yang bisa dicoba dilacak dari IP yang kita terima saat tersambung. Ada ide, koleksi info kondisi ini mau ditaruh dimana? Wiki?
Nanti bisa disimpulkan, kalau tersambung ke perangkat X mesti di-tweak dengan cara bagaimana; ke Y tanpa perlu tweak; dst