Tuesday, January 11, 2005

Selamat Jalan, Pak Hans

Telah wafat bapak Hans Wospakrik, dosen di Jurusan Fisika ITB, karena leukimia. Cerita tentang beliau disajikan dengan sangat menarik oleh Salomo Simanungkalit di Kompas dengan judul Fisikawan dari Papua yang Membuana. Saya kagum dengan beliau, yang sekian lama tetap setia menekuni ilmu Fisika, dan bahkan bisa berbicara di tingkat dunia. Saya hanya bisa kagum, karena saya tidak mampu melakukannya, bahkan malah mencari nafkah di bidang yang muatan fisikanya cukup rendah.

Selamat jalan Pak Hans ... semoga para penerusmu bisa menghasilkan karya yang lebih dari pengajarnya, karena didikanmu dan teladanmu.

4 comments:

Priyadi said...

Saya juga sempat mencicipi kuliah Fisika Dasar dari pak Hans sewaktu masih kuliah. Orangnya kalem dan sabar dalam mengajar, tidak seperti kebanyakan dosen ITB lainnya yang berapi-api dalam mengajar :).

Selamat jalan pak Hans.

adinoto said...

Saya dahulu adalah mahasiswa fisika juga, sempat berpapasan/selewat (tidak pernah diajar langsung) tahu tentang pak Hans 14 tahun yang lalu. Orangnya terlihat tertib, sopan, dan bersahaja. Saya terkesan dengan kepribadiannya yang terpancar. Hanya tidak sempat mengenal beliau lebih jauh.

Selamat Jalan Pak Hans. Pengorbanan dan pengabdian anda sangat tak terkira.

dikshie said...

saya pernah ambil kuliah fisika matematika I dan fisika matematika II yng
lebih dikenal sbg mata kuliah fismat I dan fismat II.
Sewaktu mengambil kuliah fismat I dan fismat II, Pak Hans
adalah pengajar mata kuliah tsb.
Saya benar2 terkesan dng Pak Hans.
Selamat jalan Pak Hans !

w said...

iya, selamat jalan pak Hans.... aku pernah fisika mati matian ama beliau... patut di teladani kesederhanaanya...