Wednesday, April 29, 2009

Mencoba Ubuntu Jaunty Netbook Remix

Axioo CMPC gagal mengenali modem USB Sierra Wireless Compass 885 mungkin karena versi kernel 2.6.22 terlalu tua. Daripada upgrade distro bawaan mesin yang merupakan turunan PCLinuxOS, yang lebih memerlukan interaksi intensif, saya coba saja UNR, dengan harapan berbagai tool untuk konfigurasi sudah lebih netbook-friendly.

Langkah pertama tentu saja menyiapkan media boot, yaitu USB flash 2 GB. Percobaan instalasi dengan cara mudah ternyata malah tidak mudah. Proses penulisan ke flash sangat lambat. Saya coba cara alternatif memakai dd dengan bs=1M. Lancar. Rupanya 'cara mudah' juga memanggil dd tapi parameter bs=1k (doh).

Boot lancar. Konfigurasi modem USB beres (walaupun ternyata dialog konfigurasi juga masih tidak netbook-friendly karena tinggi tampilan dialog > dari tinggi layar). Sound lupa dicoba. Ethernet belum dicoba karena di rumah tidak ada ethernet hub/switch. Wifi belum dicoba. Setelah Dian mencoba live distro ini dan puas, nanti distro lama akan ditimpa, dan testing lain dilengkapi. Stay tuned!

update: Koneksi ke AP WiFi yang memakai WPA lancar, jauh lebih mudah daripada PCLinuxOS.
update-2: Sound dan ethernet tidak bermasalah. Sleep + hibernate belum lancar, perlu tweak (ToDo).
update-3: 2 Mei 2009. Sleep lancar setelah di-patch (lihat bug report Ubuntu no 370778), hibernate tidak ada masalah.

6 comments:

endhoot said...

*joged2*

Wisu said...

coba install UNR di HP Mini kagak jalan... gara2 driver via... sekarang malah keterusan pake Gnome-do... :D

mistervicks said...

salam kenal

saya vicks mau konsul kalau boleh
baru beli modem Sierra 885 Huspa
PC saya AMD Athlon, nah permasalahannya, setia mau modem mode tidak bisa. kenapa ya pak?

tks sebelumnya

Andika Triwidada said...

@mistervicks: pake distro apa? kernel versi berapa? driver Sierra 885 barangkali baru ada di kernel versi lebih baru.

Insan Sutejo said...

Dari pengalaman saya memang agak susah, tuk setting modem sierra 885 di Kernel Linux model lama. walaupun di website-nya sierra dijelasin cara-caranya tetap ja gagal. jurus terakhir ya ganti dgn distro linux terbaru. Bukan begitu pak?

Insan Sutejo said...

Dari pengalaman memang agak susah setting modem Sierra 885 di kernel linux model lama. jurus terakhir mendingan install ulang...sekalian nyoba teknologi terbaru dari produk open source....bukan begitu Pak?