Wednesday, October 22, 2008

Green Data Center

Seberapa efisienkah data center anda? The Green Grid mengusulkan metrik untuk mengukur efektivitas data center dengan istilah PUE (Power Usage Effectiveness), yang dihitung dengan cara membagi Total Facility Power dengan IT Equipment Power. Total Facility Power mencakup power untuk peralatan IT dan fasilitas pendukung (HVAC, penerangan, UPS, generator, power losses, ...). Angka PUE yang lebih kecil berarti lebih baik. Angka sempurna PUE adalah 1.0, yang berarti seluruh power data center hanya disalurkan ke IT equipment.

Metrik lain, yang barangkali lebih mudah dipahami artinya, adalah DCiE (Data Center infrastructure Efficiency), dihitung dengan rumus DCiE = 1/PUE * 100%.

Dua raksasa di dunia IT, Google dan Microsoft telah unjuk gigi dengan konfigurasi masing-masing yang telah mencapai PUE rata-rata 1.21 untuk Google, dan 1.22 untuk Microsoft, sementara angka tipikal PUE untuk data center enterprise adalah 2.0 atau lebih. Diperkirakan, salah satu faktor yang dapat menekan angka PUE tersebut adalah pengemasan data center ke dalam container khusus.

1 comment:

info said...

nice blog. terima kasih perumusannya.

http://www.omadata.com