Wednesday, March 23, 2005

Spam? Coba Pakai Greylisting

Bosaaaaan kalau setiap akan membaca email, mesti menghapus 80% spam dari salah satu mailbox saya. Kelihatannya postgrey yang mengimplementasikan greylisting untuk Postfix cukup ampuh.

Apa keunggulan greylisting dalam menanggulangi spam dibanding teknik lain? Menurut pencetus idenya, ada tiga kriteria disain yang (mungkin) tidak ada pada metoda lain:


  • impact minimal ke user
  • membatasi keleluasaan spammer dalam menghindari bloking
  • membutuhkan maintenance minimal di level pemakai maupun admin


Prinsip kerja greylisting cukup sederhana. Ketika sebuah host mencoba mengirim email ke server kita, maka triplet dicatat. Triplet adalah kombinasi unik dari alamat IP pengirim, alamat pengirim, dan alamat penerima. Ketika triplet pertama kali muncul, maka server memberikan pesan 451 yang bisa diinterpretasikan sebagai coba lagi nanti. Server mail yang bertingkahlaku 'baik' akan mencoba mengirim lagi pesan dengan triplet di atas setelah menunggu beberapa saat. Spammer biasanya memakai program yang 'tidak sabar' agar dapat mengirim sebanyak-banyaknya pesan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

2 comments:

Priyadi said...

dulu perasaan di slashdot dibahas udah ada spammer yang metoda pengiriman emailnya lebih pintar :(

mellyana said...

kunjungan pertama dari amatir abis. saya betul betul benci spam, dan kok ya orang dengan santai selalu saja cepat memforward email2 tidak jelas ya?