Monday, August 02, 2004

Jangan Biarkan CPU Anda Menganggur

Apakah Anda sering memakai top di Linux atau Task Manager | Performance di Windows? Berapa persen utilisasi CPU Anda pada 10 menit terakhir? Kurang dari 95%? Atau bahkan kurang dari 10%? Shame on you. Sumbangkan CPU Anda ke distributed.net, Great Internet Mersenne Prime Search, atau SETI @ Home.

Ketiga projek tersebut rasanya layak untuk dipromosikan sekali dalam setahun. Apa yang akan Anda peroleh dengan mengikuti proyek tersebut? Salah satu diantaranya adalah untuk mengukur seberapa banyak CPU yang Anda kendalikan pemanfaatannya :) dengan melihat statistik seperti ini, atau ini. Jangan lupa untuk
meminta ijin apabila pemanfaatan CPU tersebut bukan sepenuhnya wewenang Anda.

Apakah aplikasi itu membebani CPU dan menyebabkan proses lain lambat? Mestinya tidak. Aplikasi-aplikasi tersebut dirancang untuk berjalan pada prioritas terrendah, sehingga ketika ada aplikasi lain yang membutuhkan prosesor, secara otomatis CPU akan mengerjakan proses lain. Apakah ketika CPU terus beroperasi pada utilisasi 100%, tidak terjadi pemanasan lebih, atau bahkan kerusakan? Mungkin saja, apabila Anda melakukan overclocking atau CPU yang Anda pakai tidak memiliki proteksi thermal, dan posisi komputer Anda kurang baik sehingga sirkulasi udara kurang lancar.

1 comment:

Amal said...

Kalau komputer yang menganggur adalah Win9x, seperti di Warnet, muncul persoalan: multitasking mereka "kurang beres". Saya pernah pasang distributed.net di Win9x, hasilnya tidak memuaskan -- kalau tidak salah, klien distributed.net kalah terus sama aplikasi lain yang "dianggap aktif". Jangan heran juga, MS Access di sana, walaupun sedang "minimize" memakan sumberdaya CPU sampai 100%.

Linux zaman Mandrake masih versi 5.x saja sudah lebih baik dalam hal hal ini.