Wednesday, August 12, 2009

Mari Berburu Supernova

Setelah projek Galaxy Zoo yang berusaha mengidentifikasi tipe galaksi menuai sukses, rupanya ada projek lanjutan yaitu Galaxy Zoo Supernova.

Ini terjemahan pengumumannya:

Galaxy zoo memerlukan bantuan anda lagi, kali ini dengan projek khusus untuk mencari supernova - bintang yang meledak. Citra dari kandidat-kandidat yang mungkin ditangkap oleh sebuah teleskop di California sedang dimasukkan ke situs web kami di http://supernova.galaxyzoo.org. Astronom sedang bersiap di Canary Islands untuk menindaklanjuti kemungkinan-kemungkinan yang paling menarik, tapi pertama-tama kami perlu bantuan anda untuk memutuskan kemana mesti mengarahkan teleskop. Mohon luangkan waktu untuk mengunjungi situs tersebut, baca tutorialnya, lalu mulai berburu.

Tentu saja, apabila bintang meledak tidak menarik bagi anda, kami masih perlu bantuan anda pada Galaxy Zoo di http://www.galaxyzoo.org. Kemajuan Zoo 2 baik - dan kami akan mengumumkan berita menarik dalam 2 minggu mendatang - tapi setiap klik masih penting, dan akan membantu kami membuat lebih banyak penemuan seperti 'Pea' - galaksi kecil, bulat, hijau yang pertama kali diidentifikasi oleh para Zooite, yang nampaknya menjadi tempat formasi bintang yang paling efisien di jagat raya.

No comments: