Friday, March 09, 2007

Resolusi Screen 1280x800

Ketika mulai memakai Acer Aspire 5583NWXMi, resolusi layar yang belum pernah saya jumpai sebelumnya (1280x800) menimbulkan beberapa masalah. Pertama, x.org tidak mengenali mode 1280x800, sehingga resolusi maksimum yang dapat dipakai hanya 1024x768. Tentu saja aspect ratio menjadi rusak. Solusinya ternyata sangat mudah di Debian Sid: pasang saja 915resolution. Beres!

Masalah kedua menyangkut MPlayer. Beberapa film masih juga mengalami distorsi. Untuk memastikan hal itu, kita dapat memainkan video test pattern. Hasilnya masih membingungkan. Video tersebut akan tampak normal dengan opsi mplayer -aspect 3:2, tapi film lain masih juga mengalami distorsi. Player lain, misalnya xine, kelihatannya lebih cerdas dalam hal ini.

Update 17 Maret 2007: ternyata cukup dengan menambahkan opsi monitoraspect=1280:800, mplayer kembali cerdas

4 comments:

Anonymous said...

Lah pak, bukannya MPlayer tetep 'bloon' dalam hal ini? Masak harus dibilangin kalo kita pake resolusi baru?

Mac dan Windows saja secara otomatis mengenali resolusi 1280x800 (taken kalo graphic card-nya memang kuat).

Mungkin ini yg mbikin adopsi linux lambat?

ialexs said...

> .. bloon...

ya..program kan emang 'bloon' :)
kan orang yg mesti pinter
kan bisa kita akalin pake script
he he

> ...otomatis mengenali ....

ya linux bukan mac/windows :)

yg 'top' nya lagi :)
utilities flash vga bios 915resolution
(yg cukup penting ituu)
cuma digeletakin di www.geocities.com/stomljen
geocities...oldskool banget :)

he heh...

andika said...

@anonymous
"Mac dan Windows saja secara otomatis mengenali resolusi 1280x800 (taken kalo graphic card-nya memang kuat)."
X.org di Linux juga mengenali kok, setelah video bios-nya di-hack dengan 915resolution. Ini kasus khusus, jadi jangan digeneralisasi.

@ialexs
Saya download i915resolution dari repo Debian. Emang penting gitu source-nya dari mana? Bukannya yang lebih penting source-nya telah melalui proses QA di Debian? Apa salahnya oldskool?

ialexs said...

:) no worry pak
sorry if my previous comments sounds too negative utk bpk :)

justru saya angkat topi sama 915resolution
yg di geocities

kalo kagak ada itu, TPad z61t saya juga
peyot-peyot tampilan X nya :)
sekarang udah cakep...cihuy..
btw buat yg pake TPad, www.thinkwiki.org
wajip di tengok :)

cheers...