Thursday, November 24, 2005

Slashdot dan Digg

Kini sarapan pagi saya dimulai dari Digg dan Slashdot. Digg berpotensi menyajikan berita menarik lebih cepat daripada Slashdot karena prosesnya diawali oleh entri dari user, dan dimoderasi oleh pengguna Digg lain. Bandingkan dengan Slashdot yang dikendalikan oleh sekelompok editor yang menerima masukan dari berbagai tempat. Slashdot juga mungkin lebih lambat memunculkan berita hangat bagi pembaca yang tidak menjadi paying-subscriber, karena adanya sistem subscription, dimana pelanggan yang membayar akan memperoleh kesempatan membaca berita baru lebih awal.

Slashdot juga melibatkan penggunanya dalam tahap moderasi, tapi proses ini terjadi belakangan, pada posting-posting yang telah disetujui editor untuk dipublikasi. Moderasi Digg lebih memancing keterlibatan user untuk aktif dibanding Slashdot. Bahkan kita juga bisa memperoleh berita paling hangat sambil melakukan moderasi tersebut.

Baru-baru ini saya menemukan situs yang mampu menyajikan isi Digg dan Slashdot sekaligus: SlashDigg. Ini bisa mengirit tab di Firefox yang mesti saya buka.

Lebih jauh tentang Digg vs Slashdot

Ada situs menarik yang membandingkan kualitas posting di Digg dibanding Slashdot: DiggvsDot. Berbagai crossposting di kedua situs dibandingkan dan dinilai. Apabila crossposting di salah satu situs lebih lambat 50 menit dibanding lainnya, maka situs yang lebih cepat akan memperoleh nilai +3. Bila crossposting terjadi dalam selisih waktu kurang dari 50 menit, maka kedua situs memperoleh nilai +1. Ada penalti -1 yang diberikan ke situs yang lebih lambat menyajikan posting sama apabila URL dan judulnya identik. Hasil beberapa kali pengamatan ke DiggvsDot menunjukkan kecenderungan bahwa Digg sering lebih cepat daripada Slashdot.

Update: Alexa menampilkan trend trafik pengunjung Digg yang telah hampir menyamai Slashdot.

3 comments:

Anonymous said...

ada lagi layanan yang mirip Digg.com. Namanya adalah ShoutWire.com. Kalo Digg cuma nerima berita yang berhubungan dengan teknologi, ShoutWire beritanya lebih beragam. Coba deh dicek...


SP
Jalansutera.com

andry said...

sama seperti ini : http://diggdot.us ?

Jauhari said...

Bandwidth Limit Exceeded
The server is temporarily unable to service your request due to the site owner reaching his/her bandwidth limit. Please try again later.
Apache/1.3.34 Server at www.slashdigg.com Port 80

Waktu coba akses :)