Tuesday, June 29, 2004

Sabar Membawa Nikmat

Akhirnya setelah sekian lama menunggu, webcam murah-meriah yang saya beli beberapa tahun yang lalu berhasil saya operasikan di Linux. Saya sudah mulai menggaruk programmer's itch dengan cara menjalankan kamera tersebut di Windows sambil menangkap datanya dengan usbsnoop. Tapi rupanya ada beberapa orang yang jauh lebih cerdas daripada saya yang telah berhasil menulis drivernya untuk kernel 2.6. Satu orang lagi telah melakukan backport ke kernel 2.4, saya tinggal membersihkan dan sedikit melengkapi agar hasil backport tersebut bisa diterapkan ke kernel 2.4.26 dari Debian.

Selain itu, winmodem di ECS akhirnya saya temukan juga drivernya. Sebenarnya hampir tidak pernah saya gunakan, setelah kelima lokasi (2 di Bandung dan 3 di Jakarta) yang sering saya manfaatkan untuk browsing memiliki koneksi 24x7, kecuali ketika dari rumah dimana saya harus dial-up. (Sebenarnya saya berharap akses GPRS dari rumah bisa cepat dan murah, tapi rupanya posisi rumah saya yang terhalang bukit sangat mempersulit).

No comments: