Saturday, April 10, 2010

Telkom Mengabaikan Keluhan Pelanggan

Sudah kesekian kali ini saya memperoleh email tagihan dari PT Telkom yang salah alamat. Tiga atau empat email tagihan salah sebelumnya saya jawab dengan komplain, dan selalu mereka respon dengan permintaan maaf. Tapi kesabaran saya sudah habis! Perusahaan sebesar Telkom kenapa tidak mampu membuat sistem penanganan komplain yang baik? Apakah karena saya hanya seseorang, bukan suatu organisasi yang punya gigi, dana, dan sepasukan ahli hukum yang dapat mengajukan tuntutan yang berarti? Apakah karena SPAM belum diatur oleh undang-undang?

Informasi Tagihan 0218642408 Bulan April 2010
Pelanggan yang terhormat,

Bersama ini kami kirimkan informasi tagihan untuk Nomor Telepon 0218642408, yang akan jatuh tempo pada tanggal 20 April 2010.

Untuk melihat detail tagihan, silakan buka lampiran dengan menggunakan password standar : 123456 atau dengan personal password yang telah anda miliki. Klik disini untuk mengganti password atau jika lupa password.

Demi kenyamanan dalam bertransaksi, manfaatkan fasilitas pembayaran tagihan Telkom secara autodebet (dari tabungan atau kartu kredit), ATM, phone banking atau internet banking.

Hormat kami,



PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk

Dear Customer,

Attached is the electronic billing statement for Telephone Number 0218642408, which is due on April 20th, 2010.

To open the attachment, use standard password : 123456 or your personal password. Click Here to change password or forgot password.

Payment should be made by auto debit or credit card, phone banking, online payment, and through ATM.

Thank you for choosing TELKOM as your provider.

We look forward to serving you better.

Sincerely,

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk

Pertanyaan atau permintaan Electronic Billing Statement untuk nomor-nomor lainnya (Telepon/Speedy/Flexi), silakan hubungi 147 atau email ke 147@telkom.co.id . Untuk layanan e-service dan informasi lainnya kunjungi http://www.telkom-indonesia.com/ .

Should you have any question regarding Electronic Billing Statement for other Telkom services, please call 147 or email to 147@telkom.co.id. Visit http://www.telkom-indonesia.com/ for more information.


Sebelum ini saya selalu komplain dengan pertanyaan/saran, agar Telkom melaksanakan verifikasi email. Ternyata mereka tidak mampu melaksanakan saran sederhana tersebut. Bagaimana mungkin saya ditagih nomor Jakarta, padahal saya tidak tinggal di Jakarta, tidak punya nomor telepon Jakarta, tidak pernah mendaftar sebagai pemilik nomor telepon manapun di Jakarta?

Saya bosan komplain! Mulai saat ini semua email dari Telkom ke alamat GMail saya akan saya salurkan langsung ke tempat sampah!

3 comments:

Anonymous said...

Anu mbah, mungkin karena mengirim email tidak perlu perangko, coba kalau setiap surat keluar harus ditempel perangko kilat khusus, mereka pasti akan 17 kali berpikir sebelum sembarang mengirim tagihan, hehehe

Anonymous said...

mungkin maksud mereka sekalian promo gitu ya bang.... :D

riska chant said...

ada yg daftarin alamat email sampean tuh sebagai penerima pesan tagihan... kan otomatis bang... tapi emang kadang telkom csnya rada lemot deh... kudu complain berkali2 sebelum ditanggapi....
moga2 kedepannya telkom bisa lebih baik lagi...

salam,
andika