Friday, September 07, 2007

GMT+1

Sepanjang tol Jakarta - Cikampek - Bandung, ada 3 BTS XL yang salah setting timezone, GMT+1.

tanya kenapa?

6 comments:

Priyadi said...

mungkin BTS-nya merk ericsson & masih pake settingan default *sok tau*

Bimo Septyo Prabowo said...

makannya kite jadi orang indonesia jangan kerja adal adal-an jadi inget iklannya WS RENDRA

Anonymous said...

saya pernah pernah dapat komplain dari Alc*t*l di Laos dan Cambodia, katanya server server S*n rusak, pada suatu hari jamnya berubah sehingga billing di 2 operator GSM tersebut kacau balau. Resolution Centre menganjurkan ganti motherboard (yg built in RTC), cuman karena banyaknya system yg kudu diganti saya jadi curiga. Ketika terbang ke sana untuk review berapa yang hardwarenya kudu diganti dan begitu tahu kejadiannya bersamaan, saya langsung check /etc/TIMEZONE.
Halah, ternyata masih waktu Europe/France, dan pakai DST pula. pantesan.
Jadi solusi dari Alc*t*l itu berupa multiple server dalam rack yang di dropship ke negara tersebut, tapi remote akses dari Australia, karena operator lokal dianggap "dumb". Pihak France menganggap Australia akan me-localize setup generic mereka. Pihak Australia menggangap France sudah melakukan setup buat mereka. Halah.

Anonymous said...

Bbrp kali saya terima SMS dari XL yang jamnya mendahului 5 jam. Aneh.

adinoto said...

Simply put is because:
1. Engineers' ignorance.
2. Management' ignorance.

Most new engineers still figure it hard on how to get things setup properly --technically, not only NTP/time zone thingy, and most management is people how no nothing about bit or byte about technical, so there you goes... a flaw.

Where are we? We're just bunch of geeks who keep digging out facts without having any corporate respects.

What could been worse? Those who do EXCELLENT things in the open source like OpenBSD and NetBSD who struggling in their ass alone trying to raise a fund as simple as 50,000 US dollar. Well, commercial companies are really ignorant!

adinoto said...

Paman Tyo said...
Bbrp kali saya terima SMS dari XL yang jamnya mendahului 5 jam. Aneh.

-> SMS dari masa depan mas. Coba tanya nomer buntut hehehe... dah 3x gua mimpi dapet undian mercy E class dari BCA hahaha... coba cek mas di sms itu, nomer rekening yg bakal dapet berapa biar gua buka hahahaa....