Thursday, September 28, 2006

Risiko Memakai Debian Sid

Ketika apt-get update ngambek dan berkicau:

Reading package lists... Error!
E: Unable to parse package file /var/lib/dpkg/status (1)
E: The package lists or status file could not be parsed or opened.
apa yang harus kita lakukan? Dugaan pertama saya adalah, bahwa file /var/lib/dpkg/status rusak. Masih ada cadangan, /var/lib/dpkg/status-old, salin saja status-old ke status. Ulangi lagi apt-get update. Masih error! Hmm. Coba ambil arsip status yang lebih kuno. Cek di /var/backups/dpkg.status.0 dan seterusnya, salin ke /var/lib/dpkg/status. Masih error juga. Mulai panik karena tidak bisa upgrade packages.

Berpikir sejenak.

Lalu mencoba melihat bug report untuk package apt. Belum ada laporan. Sigh. Lupakan sejenak.

Selang 2-3 hari kemudian ...

Ketemu bug report berskala grave
Tested this on two machines. Downgrading to 0.6.45 fixes the bug.
Hah! Downgrade? Dengan cara apa?

Ternyata gampang: dpkg -i apt-0.6.45*deb. Lalu apt versi sebelumnya diambil dari mana? Kalau anda punya disk berlimpah, dan package lama tidak anda bersihkan, silahkan periksa /var/cache/apt/archives, siapa tahu file versi tersebut masih ada. Jalan terakhir adalah mengambil langsung dari mirror. Tidak yakin path ke file di mirror? Pakai saja http://packages.debian.org/. Search 'apt'; klik ke tipe arkitektur komputer yang sesuai; pilih mirror; jangan di-klik dulu, URL-nya perlu di-edit; akhirnya kita masuk ke direktori apt. Ok. Ambil versi 0.6.45, jangan lupa pilih (lagi) arkitektur yang sesuai.

Ambil nafas dulu. Hmm. Eits, ada step yang terlewat: echo apt hold | dpkg --set-selections. Kita hold package apt agar tidak otomatis dikembalikan ke versi 0.6.46 yang buggy. Kini baru kita boleh eksekusi dpkg -i apt-0.6.45*deb. Lanjutkan dengan apt-get update. Voila! Kembali seperti sediakala (tm)

3 comments:

Anonymous said...

kasihan, pake unstable jadi bener-bener unstable :p

beruntunglah saya masih memprioritaskan untuk menggunakan testing daripada unstable hehe

ii apt 0.6.45 Advanced front-end for dpkg

Priyadi said...

dengan kata lain, debian sux?

Anonymous said...

wah mas Pri kejam nih, o iya ding namanya aja gentoo :p

btw, mas Andika, barusan saya upgrade apt dari 0.6.45 ke 0.6.46, karena sudah masuk testing :D. sepertinya tidak ada masalah ketika `apt-get update`. apa ada kondisi tertentu yang menjadikannya ngambek?