Tuesday, April 05, 2005

Macross Zero: Must See!

Thanks Idban. Saya masih terbengong-bengong setelah menonton anime Macross Zero. Saya setuju dengan ulasan di Anime Planet

Macross Zero’s CGI work is absolutely amazing, and is definitely the best I’ve seen in any non-Hollywood production. The action scenes in particular are absolutely stunning; fantastic mecha models combine with blisteringly fast animation and ingenious choreography to provide the undeniable high point of the entire anime.

Episode pertama yang saya peroleh dari Idban, saya mainkan memakai mplayer pada Debian di notebook Centrino 1.6GHz. Sangat mulus. Animasi yang tidak mengijinkan kita mengedipkan mata seperseratus detikpun, mulai dari pesawat terbang take-off dari kapal induk, dogfight, bahkan hal-hal yang kelihatan sepele seperti ombak di laut, tampil dengan sangat indah.

Perburuan episode 2 sampai 5 memberi pengalaman baru juga. Setiap episode berukuran sekitar 300MB. Distribusi file berukuran besar seperti itu biasanya memakai Bittorrent. Tapi kali ini Idban menyarankan untuk download via IRC client. Ternyata Bittorrent hanya mampu mencapai sekitar 100kBps, sementara dcc IRC bisa sampai 220kBps. Yeah! New way to use bandwidth effectively! :D Tapi ternyata yang bisa merasakan efek ini (lagi-lagi kata Idban, pakar Anime), hanya user yang bisa menarik data dengan kecepatan minimum 30kBps.

Playback episode 2 sampai 5 dicoba dilakukan di platform mplayer/Debian/PowerPC, mplayer/Debian/Centrino, dan vlc/MacOSX/PowerPC. Ketika playback di mplayer/Debian/PowerPC kurang mulus, seolah seperti file tidak didownload secara sempurna (beberapa frame tidak terdisplay penuh, ada beberapa kotak yang 'telmi'), saya sempat khawatir harus mengambil ulang 5 episode seukuran 1.8GB :(( Ternyata di dua platform lain gambar mulus. Mesti belajar lagi mengoptimasi mplayer di PowerPC nih.

So, which anime to watch next? Full Metal Alchemy? Samurai 7? Don't be afraid, I won't forget Naruto!

8 comments:

Priyadi said...

wah, lagi2 posting berbau SARAB (suku, agama, ras dan bandwidth)... gprsux

s1nichi said...

wah minta dong file nya pa, tp dlm bentuk cd aja. males download :)

Anonymous said...

barusan selesai nonton, padahal udah dari sebulan yang lalu selesai download. overall emang bagus, kalau suka nonton ini berarti mesti nonton blue submarine no 6, temanya mirip dengan storytelling yang lebih kompleks. hmmm, jadi pengen nonton last exile, tapi kok gak sempat-sempat ya.

Anonymous said...

barusan selesai nonton, padahal udah dari sebulan yang lalu selesai download. overall emang bagus, kalau suka nonton ini berarti mesti nonton blue submarine no 6, temanya mirip dengan storytelling yang lebih kompleks. hmmm, jadi pengen nonton last exile, tapi kok gak sempat-sempat ya.

[update] sorry kalau dobel posting, tapi ternyata dari anime-planet, yang suka nonton macross zero direkomendasikan buat nonton juga blue submarine no 6, hoshi no koe, last exile, sol bianca: the legacy sama melty lancer. cuman dua yang terakhir yang belum punya, last exile udah punya lengkap tapi belum sempat nonton, dan hoshi no koe emang breathtaking banget, made on a mac!

Anonymous said...

sama ama "s1nichi". CD nya dung.. donlod gedean dikit di kampus langsung, ciaattt...deziigghh. mati deh koneksi. diputus ma admin. hiks...

Anonymous said...

kapan nih masuk ftp srvr kampus

Andika Triwidada said...

wah, gak punya server di kampus manapun sekarang :(

inuinu said...

biar ketawa...coba nonton Azumanga Daioh ato fullmetal panic fumoffu pak... ehehheehe